Tips dan trik menulis tutorial blogger

Tiap harinya banyak sekali yang mengkhususkan untuk menulis tutorial tentang blogspot pada blognya. Percaya atau tidak, tutorial blog adalah salah satu kata kunci yang paling di gemari di search engine. Setiap harinya banyak sekali tutorial yang telah di tulis, hal ini merupakan angin segar untuk para "hunting tutorial", terutama buat yang sama sekali baru ( newbie) dalam mempelajari blog di internet dan tutorial pada taraf ini sangat membantu mereka untuk sejenak tenggelam dalam dunia blogging.

Ide di balik penulisan tutorial

Ide, atau gagasan penulis tutorial bisa dari mana saja, misalnya dari membaca, kenalan baru di dunia blogging, dari social networking, atau dari kegiatan nongkrong maupun dari mana saja tidak menjadi masalah.

Kamudian ide di balik penulisan tutorial, biasanya juga cukup beragam, ide di sini juga bisa di artikan tujuan. Tujuannya kembali lagi bisa beraneka bentuk mulai dari ingin mendapatkan penghasilan via blog selaku penerbit iklan, sarana berbagi atau hanya sekadar iseng, hmmm silahkan di pilih sendiri.


Tips dan trik menulis tutorial

Nah berikut adalah tips dan trik untuk menulis tutorial, menurut pengalaman saya, saran dan masukan sangat terbuka untuk artikel ini, oke ini dia..

1. Buatlah tutorial yang hanya kamu ketahui, tidak perlu ribet karena hal-hal yang tidak kamu ketahui nantinya kan menyusul belakangan.

2. Jadikan penulisan tutorial blogger se-santai dan se-enjoy mungkin, karena kita tidak sedang mengikuti lomba penulisan blogger.

3. Jangan hanya menulis hal yang bersifat kaku, seperti yang kita tahu tutorial adalah cara, selipkan informasi lain tidak hanya cara membuat ini, atau membuat itu.

4. Sedikit bercanda dalam tulisan, untuk menghilangkan boring pada pembaca anda.

5. Jangan lupa memberi semangat kepada pembaca anda, semangat di sini bisa ajakan, bujukan untuk memotivasi mereka dan tentu saja untuk motivasi diri anda sendiri tentu saja, secara tidak langsung.

6. Jadilah diri sendiri, sangat penting tulisan adalah gaya anda. Jangan mengikuti orang lain, Temukan gaya anda sendiri.

7. Jangan terlalu di pikirkan jika di kritik, cermati kritikan itu jika di renungkan kritikan bisa membuat anda maju sebenarnya kata lainnya lupakan ego, karena kamu sedang berbagi.

8. Dan yang terakhir adalah yang perlu di ingat, kamu tidak bisa menyenangkan semua pembaca kamu dengan setiap tulisan kamu. Jadi kalau kamu menulis tutorial untuk menyenangkan orang lain percayalah kamu tidak akan bisa, karena setiap orang berbeda-beda karakter.

9. Tambahan mulailah menulis dan kembali ke point 2 dan 6.


Seep, selamat menulis tutorial. Dan selalu berkarya salam semangat brother, dan percayalah tidak ada yang percuma di dunia ini.

Mangutip kiat Sukses dari Napoleon Hill :
"Jangan melihat bintang untuk mencari sebab atas ke-tidak-beruntungan Anda. Lihatlah diri sendiri untuk mendapat hasil yang lebih baik."

Salam...

depalpiss

salam ngeblog asik, friends!

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama