Format File Video yang di dukung YouTube (video upload)

Sedikit bertanya-tanya kira-kira format file apa saja yang di dukung (kompatible) untuk di upload ke youtube??

Nah berikut ada kumpulan format file video yang dapat anda upload ke youtube sebagai tambahan referensi, buat yang ingin meng-upload video misalnya video liburan, video tutorial, video event, video berita, video musik dan lain-lain.

Saya sendiri sering sekali meng-upload video tutorial saya dalam format file .WMV silahkan di cek di saluran youtube saya di www.youtube.com/depalpiss7

Oke, apa saja yah! video file formatnya???

MOV

MOV merupakan file ektensi untuk format file QuickTime multimedia. Format ini di buat oleh Apple Computer fungsinya untuk dapat bekerja dengan file multimedia. Untuk bermain-main dengan format MOV pada komputer windows, anda harus harus menginstal komponen tambahan atau di konvensi ke format lain.

MOV merupakan format kontiner dan dapat berisi video, grafis, 3D ataupun virtual reality (VR).



MPEG4

MPEG (Moving Picture Experts Group), MPEG sebenarnya bukan format namun ia adalah sebuah kelompok kerja ISO/IEC (kumpulan standar untuk sistem manajemen mutu/ International Electrotechnical Commission), yang mengembangkan standar video/audio encoding.

Namun kebanyakan MPEG di ambil untuk nama format standar seperti : MPEG-1, MPEG-2, MPEG Audio Layer-3, MPEG-4, MPEG-7 dan MPEG-21.

MPEG4 sendiri diciptakan untuk streaming video berkualitas DVD pada kecepatan data yang lebih rendah dan ukuran file yang lebih kecil. MPEG-4 mendukung video/audio "objek", konten 3D, sprite, teks dan jenis media lainnya. MPEG-4 telah menjadi sangat populer karena kemampuan untuk menyesuaikan film dua jam ke file CD mempertahankan kualitas relatif tinggi.


AVI

AVI (Audio Video Interleave), File ini memiliki file format ektensi .avi. Di kembangkan oleh Microsoft pada tahun 1992. File .avi menyebar luas dan populer dan banyak orang menganggapnya sebagai standar de facto untuk menyimpan video dan informasi audio pada PC.

Keuntungan AVI adalah file ini dpat berjalan pada beberapa sistem yang berbeda seperti Windows, Mac, Linux, Unix serta di dukung hampir semua browser web yang paling poluler sekalipun.


WMV

WMV (Windows Media Video), format video yang di kembangkan oleh Microsoft pada non-standar versi MPEG-4. WMV berurusan dengan semua jenis konten video dan audio.

Keuntunganya adalah format ini menungkinkan kompres file video yang besar namun tetap mempertahankan kualitas yang cukup tinggi.


MPEGPS

Program stream (PS atau MPEG-PS), adalah format kontainer untuk multiplexing digital audio , video yang dan banyak lagi.

Stream Program yang digunakan pada DVD-Video disc dan HD DVD video disc, namun dengan beberapa pembatasan dan ekstensi. Ekstensi nama filenya adalah VOB dan EVO .(wikipedia)


FLV

FLV (Flash Video), merupakan kontainer file format yang mengirimkan video melalui internet menggunakan  Adobe Flash Player versi 6-11. File ini juga dapat tertanam dalam file SWF.

Memiliki 2 format file yang berbeda yaitu : FLV dan F4V.


3GPP

3GPP (3rd Generation Partnership Project), merupakan kolaborasai antar kelompok telekomunikasi. Ruang lingkupnya berlaku secara global (3G) pada ponsel. Itu sebabnya kenapa banyak sekali video dengan format .3gp berasal dari kamera handphone.



WebM

WebM, di sponsori oleh Google Inc. Merupakan format audio/video yang di rancang untuk memberikan royalty-free untuk di gunakan dalam video HTML5.

Sumber keterangan format file video yang di dukung oleh YouTube pada tulisan di atas :
coolutils.com
wikipedia.com
support.google.com/youtube/?hl=en

Oke selamat meng-upload video anda via youtube, salam...
depalpiss

salam ngeblog asik, friends!

5 Komentar

  1. "Wowo Nice Post gan. sangat berguna untuk pembelajaran Bagi saya. Jangan Lupa berkunjung Balik Ke Lapak Ane Kabar Hoax OFFicial  http://bram-tobing.blogspot.com

    BalasHapus
  2. he he trims kunjungannya bro, kebetulan saya suka sharing video di YouTube, jadi sekalian di sharing juga postingan di atas, seep salam blogging bro.. :D

    BalasHapus
  3. akhir-akhir ini kenapa ya format video mp4 yang di download dari youtube jarang sekali yang bisa di buka di komputer????biasanya sih lancar

    BalasHapus
  4. Ia, mungkin ada faktor keamanan, dari YouTube bro M. Borneafandri untuk mengatasi masalah CopyRight video atau yg lainnya!. Kalao upload sering cuma Saya sendiri belum pernah download video dari youtube, jadi agak kurang tahu ttg itu, tapi trims kunjungannya bro, salam

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama