Bikin Foto Jadi Sketsa Pensil Dengan Gimp

Tutorial ini menjelaskan dan mempraktekkan bagaimana cara merubah sebuah foto biasa menjadi efek sketsa dengan goresan halus pensil berwarna hitam putih dengan menggunakan aplikasi atau software Gimp.

Gimp merupakan aplikasi Free Open Source photo editing, photo retouching, photo manipulation dan juga digital painting tool program yang gratis untuk di pergunakan dan dapat di download dan di instal pada Gimp.Org

Sangat mudah membuatnya, pertama kali siapkan foto kamu untuk di edit, usahakan foto tersebut memiliki resolusi yang baik dan tidak memiliki noise, untuk hasil terbaik nantinya ketika di ubah menjadi sebuah sketsa pensil pada program gimp Kamu :).


Untuk sample ini saya menggunakan foto dari Eminem (si "white rapper") seperti ini.


Kemudian Duplikasi (gandakan layer) atau foto kamu tersebut. KLIK icon Duplicate di bawah pallate layer. Selanjutnya, ubah pengaturan colors atau warna layer itu menjadi hitam putih. Caranya klik Colors dan pilih Hue-Saturation.


Turunkan Slider Saturation Menjadi -100 dan OK.

Jika sudah duplikasi atau gandakan layer tersebut satu kali lagi. KLIK icon duplicate di bawah pallate layer.



Langkah selanjutnya masukkan pengaturan Blur padanya. Caranya KLIK Filter --- Blur dan pilih Gaussian Blur.


Pengaturan Horizontal: 12.0 dan Vertikal: 12.0 (pengaturan ini tidak baku sesuaikan dengan foto yang Kamu gunakan). Sampai gambar kelihatan pudar-pudar halus. Dan OK.



Lalu masukkan pengaturan warna lagi KLIK Colors pilih Invert. Nah, jika sudah.... Turunkan Opacity menjadi sekitar 50%. Sampai gambar yang di edit berwarna abu-abu. Dan Gabungkan dengan layer di bawahnya, caranya KLIK kanan pada layer yang paling atas tersebut kemudian pilih Merge Down.


(_gambar dari kiri ke kanan urutannya_)


1. Hasil gabungan "Merge Down" sebelumnya yang telah di buat.

2. Duplikasi layer yang telah di Merge Down itu dengan meng-Klik Icon duplicate di bawah panel layer.

3. Ubah pengaturan layer blending menjadi ... Mode: Dodge.



Beres, tinggal langkah terakhir. KLIK kanan pada layer yang paling atas kemudian pilih New From Visible. Dan ubah layer menjadi Multiply.

Beres ... selesai, demikian cara simple membuat foto menjadi efek sketsa pensil di Gimp, well selamat mencoba ... salam :)
depalpiss

salam ngeblog asik, friends!

2 Komentar

  1. Mantab ... natural banget sketsa pensil nya

    BalasHapus
  2. Terima kasih ,

    Tutorialnya sangat bagus dan sangat mudah di ikuti oleh orang awam sekalipun seperti saya ,

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama