15 Daftar Wordpress Populer Plugin (bag.2)

Sebelumnya saya juga pernah menulis tentang daftar plugins terpopuler untuk blog dengan engine berbasis CMS (Content Management System) Wordpress di posting 8 kumpulan plugin wordpress terfavorit (bag.1)

Sebenarnya ada 18 tapi yang 3 sudah di cantumkan pada bagian pertama yaitu plugin AKismet, All in One SEO Pack, WordPress Importer dan Google (XML) Sitemap Generator.

Tapi bukan berarti plugin sebanyak ini digunakan semua, silahkan di pilah pilih sesuai kebutuhan (:

Nah, kali ini kita akan mencoba melihat nih di tahun ini apa saja sich plugin gratis dari wp yang paling top atau populer dan sering di gunakan oleh para pengguna blog wordpress, yuk sama-sama kita ngacir ... ((:



Daftar Plugin Wordpress


1. Wordfence Security

Plugin wp yang menawarkan keamanan untuk blog wordpress. Bisa mencek apakah blog wp kita terinfeksi. Dengan melakukan server-side scan dari kode sumber dan membandingkan dengan "gudang penyimpanan inti" dari official Wordpress, theme dan plugin. Dan Wordfence bisa membuat blog Anda menjadi 50 kali lebih cepat di akses.


2. Contact Form 7

Contact Form 7 dapat mengelola multiple formulir kontak dan kita juga bisa menyesuaikan form surat fleksibel dengan markup sederhana. Di dukung dengan sistem Ajax submiter, captcha, akismet filter spam dll.


3. WooCommerce - excelling eCommerce

Plugin WooCommerce - excelling eCommerce cocok sekali untuk yang ingin berjualan online dan membangun toko online dengan engine wordpress. Dalam sekejap bisa merubah blog wp menjadi eCommerce store.


4. Jetpack

Merupakan satu plugin yang isinya "gado-gado" bermacam-macam fitur bisa di akses langsung dengan menggunkan plugin ini. Mulai dari form komentar official wordpress, keamanan blok hiker, mobile theme, share sosial media tool, email subscriptions (berlangganan) sistem, peringkas WP.me URL, login di self-hosted WordPress dengan menggunakan WordPress.com akun, manajemen widget hidden dan masih banyak lagi fitur-fitur yang lainnya.


5. Wordpress SEO by Yoast

Untuk yang khawatir blog tidak terindex oleh search engine, jangan takut. Plugin WordPress SEO by Yoast menawarkan tool pengaturan SEO (search engine optimization) mesin pencari seperti analisa meta keyword artikel postingan, fokus tag yang di gunakan sampai mengecek meta deskripsi yang kita gunakan tersebut "nyangkut" atau tidak dalam pencarian mesin pencari.

Juga di tambah sosial sharing facebook, twitter, pinterest dan google+ dengan sistem Open Graph meta data.


6. MailChimp

MailChim Plugin merupakan aplikasi layanan berlangganan newsletter (buletin) dan memungkinkan kita untuk mengirimnya ke daftar email pelanggan anda dan di kirim melalui email. MailChimp sangat cocok untuk blog dengan konten-konten berisi bisnis dan produk.


7. NextGEN Gallery

Nextgen adalah plugin dengan fungsi utamanya pada penampilan gambar. Sangat cocok untuk blog yang berisi konten fotografi dan sejenisnya. Dengan tampilan beraneka ragam bisa di atur sesuai kebutuhan. Seperti tampilan slide show, galeri album dan kontrol ukuran untuk gaya, waktu transisi dan efek lightbox.


8. Breadcrumb NavXT

Pulgin Breadcrumb NavXT adalah salah satu plugin poluler untuk wp navigasi. Breadcrumb "remah roti" (semacam jejak navigasi url/link yang menuju ke awal). Breadcrumb biasanya di gunakan untuk menambah pamor dari SEO dalam mesin pencari. Breadcrumb NavXT pada blog wordpress bisa di kustomisasi melalui halaman pengaturan admin.


9. Redirection

Redirection Wp plugin memungkinkan anda untuk mengelola 301 redirections (pengalihan), melacak 404 errors. Ini sangat berguna jika anda bermigrasi dari blog lama dengan blog yang baru dengan mana domain yang lain. Sehingga url yang ada di blog lama bisa di kelola dengan plugin ini.


10. WPtouch Mobile Plugin

WPtouch merupakan plugin mobile untuk WordPress (mobile-friendly website/blog) yang secara otomatis menambahkan tema ponsel sederhana dan elegan bagi pengunjung mobile untuk situs WordPress Anda.


11. Google Analyticator

Google Analyticator wp plugin memungkinkan Anda untuk melihat Google Analytics dalam dasbord wordpress Anda. Memudahkan untuk tidak perlu menambahkan kode dan mengutak-atik tampilan file theme wp Anda. Juga di tambahkan widget untuk menampilkan data Analytics di admin.


12. Photo Gallery

Photo Gallery wp plugin adalah responsive foto galery album dengan cara yang mudah, teutama untuk mengelola album foto dan mnyesuaikannya dengan berbagai sudut pemandangan dan mengordinasinya di dalam widget, laman dan post menjadi bermacam-macam jenis album sesuai kebutuhan.


13. WP Super Cache

Plugin ini menghasilkan file html statis dari blog WordPress dinamis Anda. Setelah file html yang dihasilkan server web Anda jauh lebih ringan di bandingkan dengan berat nya pengolahan jika memakai script php wordpress.


14. Shortcodes Ultimate

Plugin WP Shortcodes Ultimate dapat di gunakan untuk paket besar shortcode (kode peringkas). Keunngulannya mudah sekali membuat tab, tombol/button, slider, video responsive tanpa pemahaman pemrogramam website dan cara settingnya hanya dengan beberapa klik saja.


15. WP Google Maps

Plugin yang tidak "rewel" dan cepat, mudah untuk menggunakan tambahan google map atau peta dan di sesuaikan dengan posting wordpress atau juga halaman. Tidak menggunakan iframe dan mudah di gunakan, cocok untuk menunjukkan rute lokasi di dalam laman kontak.


Demikian postingan ini, daftarnya sebetulnya masih sangat banyak tapi ini adalah beberapa daftar teratas plugin wp yang paling sering di gunakan atau di pakai untuk berbagai keperluan website dan blogger berbasis CMS wordpress.

well, enjoy dan salam :)
depalpiss

salam ngeblog asik, friends!

10 Komentar

  1. kalau untuk plugin, saya hanya menggunakan beberapa plugin aja mas, biar ngak berat untuk blog saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama Mas saya juga ... seperti sudah di sampaikan di awal posting (;

      Hapus
  2. Waah ada beberapa macam plugin wordpress juga yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada banyak Kak Dewii sampai ribuan develover web designer yang buat plugin untuk wordpress eneknya lagi hampir rata2 gratisan (:

      Hapus
  3. saya masih belum paham dengan peralatan tempur di wordpres mas,saya pelajari dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya bilang wp itu mirip2 blogspot (walau ga 100%), tinggal pengenalan aja, ga terlalu sulit sob WP!

      Hapus
  4. kang yang beginian di blogspot ada ga kang. jadi penasaran dgn wp nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. blogspot juga ada, plugin tapi pasangnya dia harus manual, nah klo di wp! ibaratnya ibaratnya tinggal colokin aja, jadi otomatis! gitu cuma itu aja bedanya Kang (:

      Hapus
  5. bukan juga Mas, keunggulan wordpress adalah simple user sama dengan blogspot itu makanya keduanya jadi flatform teratas yang paling sering di gunakan +/- seperti itu makasih kunjungannya Mas Uda Awak (:

    BalasHapus
  6. banyak sekali plugin untuk WP ya kang, sayangnya sangat asing banget buat saya, soalnya blm pernah pake WP , masih menggunakan blogcepot ehehe.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama