Bikin Vektor foto sketsa pensil, lebih colorfull

Nah, efek sketsa goresan pensil merupakan salah satu trik photoshop yang sangat di minati, seperti apa yah membuatnya yuk simak tutorial berikut.

Untuk finising saya tambahkan juga efek tambahan untuk membuat foto Anda jadi lebih artistik dan tentu saja lebih berwarna-warni atau colorfull, well go on...

Buka gambar ataupun foto yang ingin di edit, saya pakai foto ini:

Duplicate Layer KLIK CTRL+J. Pada menu KLIK Image --- Abjustments --- Desaturate, berfungsi untuk membuat foto hitam putih, pengaturan nantinya akan mamunculkan efek sketsa yaitu hanya ada 2 saja warna hitam dan putih pada efek sketsa.


Kembali Duplicate Layer 1 (CTRL+J). Pada tab menu photoshop KLIK Image --- Abjustments --- Invert, di gunakan untuk membalikkan proses warna seperti negatif film.


Kemudian atur layer menjadi Color Dodge, lho koq jadi putih, tenang jangan panik memang seperti itu. pengaturan color dodge memang untuk menghilangkan semua warna, ini berfungsi untuk memunculkan efek sketsa-nya. Selanjutnya KLIK Filter --- Blur --- Gaussian Blur dan atur pentil slider sesuai dengan kondisi foto sampai muncul efek sketsa pensil dan OK.



Memunculkan efek warna (color) pada sketsa pensil

Nah, ini dia tambahan pengaturan tuk membuat efek sketsa photo pensil anda menjadi lebih berwarna atau colorfull. KLIK Layer --- New Fill Layer --- Gradient dan KLIK OK, pada Gradient fill masukkan warna gradien baru KLIK pada warna Gradient (lihat pada ilustrasi gambar) Klik pada icon panah kecil lalu pilih Color Harmonies 1 dan OK.


Dan KLIK pada gradient Yellow, Magenta, Teal dan oke.


Selanjutnnya kembali ke tab menu KLIK Layer --- Smart Objects --- Convert to Smart Object dan atur Opacity menjadi Color. Dan untuk pengaturan gradien tidak baku seperti yang saya contohkan di atas anda bisa memilih warna gradien yang lain yang sesuai dengan intuisi anda sendiri.


Beres tampilan akhir,.. seperti ini,...

Tambahkan pula tulisan atau teks untuk lebih mempercantik hasil editan foto anda...
Oke seep beress, selamat mencoba, salam photoshop'er... bro and sis...
depalpiss

salam ngeblog asik, friends!

3 Komentar

  1. info yang menarik gan....
    idenya kreative like lah....

    URL SUBMITER

    BalasHapus
  2. mantep ... lansung praktek gan! tinkiuew

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama