Cara menyimpan format gambar transparan

Nah, trik yang ini udah ga asing lagi buat para pengguna photoshop. Yaitu bagaimana sich caranya simpan format gambar transparan di photoshop. beberapa waktu yang lalu seorang teman curhat, dia lagi gandrung sama sofeware photoshop.

Ia senang sekali dengan sofewore ini, dan sekarang sering sekali mengutak-atik gambar miliknya melalui photoshop yang telah terinstall di komputernya.

Namun ada permasalahan yang di hadapi si temans tersebut, ia bertanya "kenapa ya setiap gue bikin gambar pakai bingkai transparan di photoshop setelah gue simpen, terus gue liat lagi koq jadi engga transparan bingkainya malah jadi putih bingkai-canvasnya, kenapa ya lo tau?" begitu tanyanya.

Kemudian saya balik bertanya : "emang loe simpennya pake format apaan ?", ia kembali menjawab : "pake JPEG". "Hmmm pantesan transparannya kagak nongol, lain kali lo simpen pake PNG oke!!". Karena format2 gambar JPEG hanya biasa di gunakan untuk photo natural bukan transparan

Seep kita coba yah caranya bareng :

Pertama buka photoshop Anda

Yang pertama adalah cara membuat bingkai transparan

KLIK File --- New
Atur ukuran yang Anda kehendaki di Width (lebar) dan Height (tinggi)
Kemudian pada Background Contents Pilih Transparen dan OK


Kemudian pada saat gambar anda selesai di edit dan di buat

Cara menyimpan gambar photoshop tranparant

KLIK File --- Save As
Beri Nama file Anda pada File Name
Pada Format Pilih *.PNG dan KLIK SAVE
Pada PNG Options
Interlance adalah tingkat kualitas ganbar PNG tersebut,
None untuk kualitas biasa-biasa saja atau
Interlaced untuk kualitas terbaik

Tinggal di pilih mau yang mana,

Beres,... sekarang temans ku kelihatan senang sekali dengan trik baru ini, semoga ia semakin semangat berkarya, salam temans. "senangnya melihat dia tersenyum!!!".
depalpiss

salam ngeblog asik, friends!

8 Komentar

  1. numpang beken, trik PNG yg bagus tingkiew gan

    BalasHapus
  2. ahmad muazim abidin26 Apr 2013, 23.15.00

    baru tau kesalahanku, kmren aku simpan dalam format jpeg, makanya salah

    BalasHapus
  3. Thanks ya...

    BalasHapus
  4. Ga bisa bos, malah ga kliatan file nya, gimana yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tp mmg begitu PNG itu mmg tranparan khan!,
      Tapi yg kamu maksudnya ga kelihatan bagaimana yah?
      Bisa lebih di jelaskan, maksud pertanyaan-nya?

      Hapus
  5. mau tanya nih, klo save as nya tidak ada format PNG nya gmna donk..

    BalasHapus
  6. Gue udah pake format PNG, ane coba di photoscspe kebaca tuh tranparant tapi ane coba di Android bagroundnya malah putih.. gimana yah itu salahnya dimana..??

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama