3 bagian penting dalam SEO dasar (basic SEO)

Artikel ini awalnya berada di c-4webdesign.info di tulis oleh Surahman, penulis situs spiritual pribadi Surahman.com. Saya hanya mencoba menuliskan kembali dengan 'stlye tulisan saya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Mengenai SEO (Search Engine Optimization) basic atau dasar yang harus di pahami oleh calon web master seperti saya, he he he gr dikit, membuat blog saja ternyata belum cukup, coba bayangkan kalo ga ada pengunjungnya (nah kebayangkan!). Makanya dasar-dasar SEO tentang hal ini sangat penting.

Kata kunci, keyword, meta tag dan description sangat berpengaruh di dalam sebuah blog agar dapat di temukan di dalam mesin pencari (search engine). Kembali saya tuliskan tiga bagian yang penting mengenai hal ini di blogger (blogspot), di antaranya :

1. <title>Judul dengan keyword1, judul dengan keyword2, judul dengan keyword3</title>




Biasanya yang terjadi dalam pencarian Judul dengan keyword sangat berpengaruh, sebagai contoh dari gambar di atas jika kata kunci yang di ketikkan dalam kotak search box mesin pencari seperti google dan yahoo atau mesin pencari yang lainya, adalah trik photoshop mania maka, keyword tersangkut. Atau bisa juga Blogger mania Indonesia, keyword tersangkut juga di search engine.


Untuk merubah blogger (blogspot) kamu dengan Judul yang mengandung keyword sangat mudah, caranya login ke dasbord blogger KLIK Pengaturan --- Dasar --- Kemudian Isikan Judul dengan keyword di pisahkan dengan , (koma).

Note : Tidak semua Judul keyword bisa muncul dalam search engine, jadi pemilihan kata kunci sangat penting, juga usahakan jangan terlalu banyak mengunakan keyword bisa-bisa blog kamu di tolak mesin pencari. Pililah dengan bijak, seperti himbauan KPU saat pemilu (he he he)

2. <meta name="keywords" content="keyword 1, keyword2, keyword3, keyword 4">

Nah yang ini, juga jangan terlalu banyak di gunakan karena search engine sudah mengindex pada bagian judul keyword dia atas, cuma biar aman masukkan saja beberapa keyword, tapi ingat jangan terlalu banyak. Contoh, biasanya keyword tersebut di selipkan di dalam sebuah postingan sebuah blog yang mengandung keyword, bisa seperti ini :



Kata kunci yang di cari di mesian pencari adalah "video tutorial memasukan video kedalam blogger".

Jadi berhubungan dengan optimalisasi kata kunci yang di bidik di dalam konten sebuah postingan di blog kamu.

3. <meta name="description" content="keterangan singkat yang mengandung keyword">

Yang ini tidak kalau pentingnya dari dua tips di atas, jadi perlu di buat sebuah keterangan singkat tentang blog yang mengandung deskripsi tentang keyword. Contoh, jika blog kamu berisi tentang artikel aneh lucu dan unik maka deskripsinya kira-kira seperti ini :

"aneh.com kumpulan artikel di sekitar kita dari berbagai belahan dunia yang aneh, unik, lucu dan tidak masuk akal."

Kata kunci atau keyword yang di selipkan adalah dari deskripsi di atas : artikel, belahan dunia, anah, unik, lucu.

Cara membuat deskripsi ini dalam blogger (blogspot) kamu,

Login ke dasbor blogger --- KLIK Pengaturan --- Kemudian pada Dasar isikan deskripsi di dalam Uraian.

Ingat jangan terlalu panjang mesin pencari maksimal hanya dapat menerima sekitar 160 karakter saja.

Demikian sebagian kecil dari SEO Basic atau dasar yang harus di kuasai, oleh saya dan sobat untuk terus belajar selebihnya adalah praktek dan berkarya selalu.
depalpiss

salam ngeblog asik, friends!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama