Buku tamu dengan google friend connect

Di tutorial sebelumnya saya telah beberapa kali membahas tentang buku tamu dan shoutbox/shoutmix di antaranya : cara buat kotak pesan di blogspotshoutbox gratis untuk blogspot dan buku tamu terselip di samping

Nah sekarang saya akan memberikan tips dan trik terbaru cara membuat widget buku tamu/shoutbox/shoutmix dengan menggunakan google friend connect (GFC) di blogger blogspot kamu.

Google Friend Connect

Apa itu google friend connect? GFC, adalah sebuah layanan yang di berikan google yang di tanamkan di dalam fitur blogspot, fungsinya adalah sebagai sarana sosialisasi persahabatan dan pertemanan tidak hanya itu GFC juga sebagai pertukaran link blogger profile. GFC juga di gunakan sebagai media dan fitur sosial yang dengan sangat praktis dan mudah bisa di tambahkan di blog kamu.

GFC ini semacam gadget (widget), untuk mempermudah seseorang dapat bergabung di situs atau blog kamu dengan menjadi followers atau pengikut. Keuntungannya adalah jika kamu mengikuti salah satu blog yang mempunyai fasilitas GFC ini kamu bisa melihat update terbaru postingan dari si empunya blog di dasbor blogger kamu.

GFC juga di lengkapi, para penggunanya masuk dengan informasi akun yang ada misalnya Google, Yahoo, AOL. Kerennya lagi kamu bisa melihat frofile teman yang lain yang telah bergabung dan bisa saling berkirim pesan pribadi.

Kurang lebih seperti itu penjelasannya, oke back to tutorial. Gimana tertarik untuk membuatnya nyok mari enjoy the tutor.

Yang pertama kamu harus lakukan adalah mempunyai blogger akun bisa di manfaatkan saja agak tidak mubazir, cuma kalo belum punya kamu bisa langsung daftar.

Masuk ke www.google.com/friendconnect/ KLIK Memulai. Masukan password akun blogger kamu.

Di situ ada form di situs mana GFC akan di buat, namun jika kamu sudah mempunyai akun blogger maka tinggal di klik saja nama blog kamu yang mau di beri buku tamu ini (di sebelah kiri).

KLIK gadget (di sebelah kiri) > KLIK Comment
Gadget / Siapkan gadget Komentar

1. Opsi

Cakupan : menyangkut komentar yang terbitkan
Bubuhi teks : ini bisa di ribah sesuai mau kamu misalnya : tinggalkan pesan singkat di sini, tulis pesan di sini atau yang lain-lain.
Beri izin sesuai dengan kebutuhan beri tanda centang. Izin pengeposan link youtube dan Izin pengeposan anonim jika di beri centang maka tanpa akun bloggger frofile mAsih bisa berkomentar.

2. Ukuran Gadget

Sebaiknya di sesuaikan dengan lebar dari widget sedebar blog kamu agar supaya designnya tidak timpang. Pilih juga berapa jumlah entri yang ingin di tampilkan.

3. Pilih warna

Sesuaikan dengan warna template kamu, untuk menambah daya tarik.

4. Buat kode html

Jika pengaturan opsi d atas di rasa sudah cocok KLIK Buat Html, kemudian kode ini di pasangkan di tambah gadget dan Html/Javascript di eleman halaman blogger kamu. Dan selesai. Oke selamat mencoba buku tamu terbarunya. He he he he Come On Follow My Blog!!!
depalpiss

salam ngeblog asik, friends!

10 Komentar

  1. bro, kok terlihat unknown di buku tamu google friend connect, padahal kan sudah follow

    BalasHapus
  2. nice sharing info admin please keep update i very enjoy reading here

    BalasHapus
  3. o.. itu!! dinno Sign in dulu!!, di kata kecil di bawah!! foto2 follower!! baru nulis di buku tamu GFC, nah bakalan muncul dech!! foto profil sama link blogger kita!! gitu bro!!

    BalasHapus
  4. tak kira bisa langsung otomatis, he he,, menarik

    BalasHapus
  5. boleh bro...thnk infonya..sukses ye...slm musik

    BalasHapus
  6. @aspemusik seep, salam musik salam ngeblog juga bro ASP

    BalasHapus
  7. o,gitu toh caranya...bisa menaikkan popularitas blog kita juga ya.Makasih banyak

    BalasHapus
  8. udah lama sih pake GFC tapi saya ga begitu tau apa kegunaan yang pastinya. Makasih infonya bos

    BalasHapus
  9. udah lama sih pake GFC tapi saya ga begitu tau apa kegunaan yang pastinya. Makasih infonya bos

    BalasHapus
  10. makasih banged gan.
    kebetulan nih ane butuh buku tamu. gara-gara shoutmix udah ga gratis..

    #doyangratisan (^_^)

    Dasta Collection

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama